18 Des 2011

SOLO TRAVEL AT BALI PART 2. CROSSING WITH SOMEBODY ELSE'S PATH

Pergi ke Bali sendiri, mungkin ini adalah jarak tempuh terjauh yang pernah saya lalui sendiri, dan masih berharap bisa menempuh jarak yang lebih jauh lagi.

The most important trip you may take in life is meeting people halfway

~Henry Boye

saya nggak pernah berfikir kalau solo traveling itu ternyata bisa sangat menyenangkan.pertamanya sih agak-agak takut soalnya kan dimana-mana pada kasus apapun, bersama itu selalu lebih aman daripada sendiri, (note: statement ini tidak termasuk bersama copet, penjahat, atau mahluk halus jenis apapun). tapi ternyata saya salah, pengalaman ke Bali kemarin justru memberikan perspektiv baru pada saya tenang bagaimana menghadapi kesendirian.

Jangan percaya sama lagu Homogenic yang judulnya happy without you, yang disalah satu liriknya ada kata kata:
 ...maybe I must admit that i'm happy being alone..
well that's [probably] the biggest lie i'd love to sing the most ahahaha. seriously nobody love's to be alone! nah begitu pula ketika saya ber solo travel. Karena saya benci sendiri, dan saya benci rencana saya gagal cuman karena ga ada temen yang mau, dan saya juga benci karena tiket yang udah dibeli ga mungkin dibalikin lagi. maka mau tidak mau, saya harus cari jalan tengah untuk supaya gimana caranya saya ga nonton konser sendirian, ga jalan-jalan di Bali sendirian, dan tapi saya ga punya teman yang bisa menemani semua rencana gila saya. akhirnya mau nggak mau saya harus: Cari teman baru.

1. The Woman Instructor.

Saya ketemu dengan ibu yang satu ini di bandara Husain sastra negara. waktu itu saya udah tertarik (not kind of attraction like what you mean!) dengan gayanya yang menurut saya cukup beda dari wanita paruh baya biasanya. Dia bawa gembolan gede, dengan pakaian yang sangat kasual (kemeja, swater, celana jeans, sepati keds) dan Divecom! --what the heaven lah ada ibu-ibu seumuran ibu saya lebih muda dikit, pake gaya berpakaian seperti saya dan divecom di pergelangan tangannya?!. saya cukup melongo ngeliat dia dalam hati : gilee keren amat ni ibu-ibu. dia tersenyum melihat saya yang ngeliatin dia lalu saya balas senyum agak sedikit nyengir. hehehe

Pesawat yang delay, dan digeser jadwalnya itu cukup bikin saya bete, karena jadwal me-merandom saya di Bali jadi kacau, tapi ya sudah lah saya menyabarkan diri saya sendiri: bahwasannya, ke kampretan cuaca dan perusahaan penerbangan yang murah tapi mahal ini tidak boleh sampai merusak acara hura-hura saya yang cuman sekejap itu. akhirnya saya cari hiburan lain, saya ngajak ngobrol ibu-ibu keren yang tadi sempet saya senyumin, ngobrol geje lah. perihal hujan yang nggak mau berhenti membadai, kenapa pesawat merah yang terkenal murah  itu, biaya++nya banyak banget, sehingga berujung jadi mahal juga,  dan hal-hal ga penting lainnya  sampai akhirnya si pesawat boleh terbang juga. akhirnya saya bangkit dari tempat duduk berpisah sama si ibu-ibu yang saya lupa nanya siapa namanya. dan terbang ke bali.

***

Sampai di Bali kekampretan masi berlanjut, ternyata cuaca masi belum bersahabat. Bali  ternyata juga hujan se hujan-hujannya!. udah pengen nangis aja. masalahnya adalah itu malem, dan saya nggak tau gimana caranya nyari taksi ditengah hujan badai yang kayaknya ogah banget untuk berhenti sebentar aja sampai saya nyampe rumah si teman, sampai diluar bandara udah makin shock aja liat ribuan orang *lebay* yang ngejemput bawa papan nama. yang saya parnonya adalah saya takut salah satu diantara mereka ada yang copet dan melihat saya yang agak cemas dan tidak berdaya ini *halah* jadilah saya bisa dijadikan sasaran empuk untuk dicopet malam itu -_-". saya balik badan tarik nafas sebentar menyakinkan diri sekali lagi: lebih baik bertampang sotoy dari pada bertampak bingung. akhirnya saya buang poker face saya, pasang tampang jutek sok ngehe kayak gini :

turn into...
#Eaaa

Dengan pede saya keluar pintu kedatangan, liat kiri kanan, eh ngeliat lagi si ibu-ibu keren tadi. langsung lah saya tanya sama dia *yang nampaknya udah lebih sering bolak-balik bali* dimana saya bisa dapet taksi. dia tanya tujuan saya, saya bilang saya mau ke daerah Sidakarya. lalu ternyata dia juga searah dan akhirnya kita memutuskan untuk berbagi taksi.. #eaaa  lumayan bisa ngirit *lagi*. :P

Dan dari taksi itulah saya mengenal dia, dia adalah seorang instruktur selam di Bandung, dan ternyata punya dive shop sendiri *sudah saya kira!!*.dia menceritakan banyak sekali pengalamannya membimbing anak murid selamnya, kebanyakan yang jadi buddy dia adalah orang-orang yang 'bermasalah' maksudnya orang-orang yang nggak sehat secara aturan penyelaman misalnya: ada yang pembuluh darahnya bermasalah, ada yang pernah punya masalah mental dll.. dan saya pun cerita tentang masalah saya yang nggak bisa menyelam lagi gara-gara trauma waktu penyelaman terakhir, saya juga bilang saya sudah berobat ke banyak dokter THT tapi kurang puas karena mereka bilang masalah saya hanya alergi, tapi saya merasa masalah saya lebih dari sekedar alergi. lalu dia bilang mungkin saya harus cari dokter yang juga penyelam, karena semua masalah yang berhubungan dengan penyelaman ya hanya penyelam yang bisa mengerti. dan saya pun disarankan untuk berobat ke rumah sakit angkatan laut disitu ada satu doker hiperbarik yang juga adalah penyelam. siapa tau Tuhan memberi kesembuhan lewat dia. dia juga memberikan nomer kontak dokter yang ia maksud.

taksi sudah sampai ditempat tujuan akhirnya dan kami harus berpisah, dia bilang akan ada instructur meeting beberapa hari ke depan di daerah Nusa Lembongan. dia juga mengundang saya juga untuk mampir kalau ada waktu atau datang ke rumahnya di Cimahi. saya bilang terimakasih banyak atas undangannya dan dalam hati saya:  dan terimakasih juga untuk percakapannya yang sangat berharga karena berkat dia saya punya harapan lagi untuk sembuh.

2. Orang tua Muti.

Akhirnya!! sampai juga di jalan palapa no.XX. setelah kekampretan bersama cuaca dan pesawat. akhirnya jam 11.30. saya sampai juga dirumah muti. Alhamdulilah.. dalam hati. saya sebenernya merasa agak ga enak, soalnya bakal bikin orang rumah bangun tengah malam, tapi kalo saya nginep di hotel rasanya bakal lebih kurang ajar lagi. jadilah dengan modal 'kandel kulit beungeut', saya mengetuk pintu pagar, dan beberapa saat kemudian, orang rumah keluar, saya di sambut oleh mbak iloh dan tante Welly, (mamanya muti) langsung disuguhin makan malam #eaaa dan ditunjukkin kamar tidur. nggak terjadi banyak percakapan hanya pertanyaan standar kenapa terlambat dan udah makan malam atau belum. dan akhirnya hari pertama di Bali berlalu juga.

***

Hari ke-2....

Bangun pagi, masi agak pusing sebenernya karena rempog tadi malam, tapi saya harus bangun pagi, i don't wanna miss a second to explore this island of God. jam 8 pagi udah cantik bener *haha* udah siap tempur lah pokoknya. keluar kamar, ketemu papanya muti. ngobrol bentar, si om nanya rencananya mau gimana, saya bilang hari ini saya mau survei lokasi sama muter-muter bali sekitar denpasar, dengan motor sewaan dan yang lain lainnya.

Dari ngobrol pagi yang sebentar itu saya mengetahui ternyata orang tua teman saya ini adalah seorang perantau sejati. orang minang to the roots lah pokoknya. sejak remaja sudah meninggalkan kampung halaman, pergi ke kota satu ke kota yang lainnya. mencoba usaha A sampai usaha Z. enterprenur sejati lah si om ini. waktu saya tanya kenapa Bali, dengan santainya dia bilang: " ya karena dari semua tempat yang om datangi, di Bali lah om merasa, hidup om mengalami peningkatan, dan insting kita sebagai pengusaha ya.. kita akan stay di tempat dimana kita merasa hidup kita ada peningkatan. selama belum ada peningkatan kita harus terus bergerak mencari yang lebih baik". dan waktu saya sanggah dengan pertanyaan, gimana kalau kita merasa nyaman kerja kita sekarang, tapi peningkatan kita hanya sedikit,dan dengan santainya lagi dia bilang, " kenyamanan itu bisa dicari ketika ada peningkatan".

waktu sudah menunjukkan pukul 9 pagi. hari itu om ada rencana ke Jimbaran belanja ikan, sama tantenya (kakaknya mamanya muti) muti yang baru dateng dari surabaya. waktu di ajak, langsung mengiakan *kegirangan*. sepanjang perjalanan om ngasi tour singkat seputar tempat-tempat yang kita lalu selama perjalanan menuju jimbaran. juga patokan-patokan yang harus saya ingat untuk sampai lagi ke rumah, selepas konser nanti malam. saya catat semua yang si om bilang, karena kalo ngandelin memori otak doang nggak akan bisa. pasti lupa :))

sampai di Jimbaran girangnya luar biasa. ketemu laut is really a pleasure!. menghirup udara bersih dan memandang lepas ke horizon. mungkin seperti  ketemu pacar yang baru pulang dari papua. girangnya luarbiasa!. sementara si om sibuk milih ikan, saya sibuk jalan jalan di pinggir pantai. pasir putih, laut tenang,  angin sepoi-sepoi. selalu ada rasa tenang yang lewat setiap kali saya melihat pantai, sepertinya beban pikiran semua lepas, mendadak saya merasa kecil dan mimpi-mimpi saya hanya sekedar gelembung udara yang bunyinya mungkin. tidak bisa didengar oleh pendengaran manusia. seringan awan.

Jimbaran.

Selesai belanja ikan, balik lagi kerumah, supaya saya tau jalan pulang. sampai di rumah saya membereskan backpack saya lalu siap menjelajah Bali. waktu mau pamit, si om maggil saya lagi, tiba-tiba dia nunjukin motor supra sejenis si diver (nama motor saya) dan bilang: " mei, om punya motor nih, tapi udah jarang di pakai STNKnya hilang, tapi lumayan buat muter-muter bali" saya shock! terharu lagi.. udah di kasi tempat tinggal dan makan gratis sekarang dipinjemin motor pula... !! baik banget mereka.. alhamdulillah!! tapi tanpa STNK?! saya agak khawatir mengingat banyaknya polisi lalu lalang yang lagi gencar-gencarnya jagain bali karena mau KTT Asean, takutnya ada razia mendadak dan malah bikin masalah baru, akhirnya dengan halus saya menolak. lalu si om mengajak saya kerumah pamannya muti yang hanya berjarak beberapa rumah dari rumah muti. disitu saya dikasi pinjem motor lain yang agak tua sedikit, tapi masi bisa jalan dan ada STNKnya! hahaha... akhirnya hari itu saya keliling-keliling dengan motor si om, gratis! #eaaaa *bisa ngirit lagii*

3. The Couchsurfers.

fromVania G   (Jimbaran, Bali (Lesser Sunda), Indonesia)
sentNovember 7th, 2011 - 7:46 pm
repliedNov 7 8:30 pm

konser jason mraz

hallo Mei!
gue ikut dateng ke konser jason mraz tp sendirian, boleh minta nomer hp atau pin bb gak?
nomer gue 0856 AAAA XXXX

salam kenal!
Vania
2 hari sebelum keberangkatan gw mendapatkan satu email dari seorang couchsurfers yang juga mau nonton konser tapi sendirian. namanya vania  dia lulusan ESMOD jurusan desain, dia berasal dari Jakarta tapi sekarang tinggal di Bali, bekerja sesuai bidang yang saya juga suka: desain. kami janjian bertemu di McD Jimbaran yang ternyata jaraknya dengan venue masi sangat jauh -.-". awalnya saya janjian sama vania jam setengah 6 dan dengan Ken (another couchsurfers) di venue. pengennya jam 6 sudah ada di sana karena katanya akan ada performance dari Maliq and D'Essentials dulu sebelum si Jason Mraz-nya manggung.

sotoynya,pada jam 3 sore tanggal 8 nov 2011 ketika saya hendak makan siang (setelah selesai nuker tiket dan survei lokasi ke nusa dua), saya iseng buka web CS dan ada seorang lagi yang sangat ingin nonton tapi gak tau harus beli tiket dimana. akhirnya karena tadi saya liat di venue masi ada yang jual tiket,saya kirim sms pada orang itu, dengan maksud memberi tahu bahwa tiket masi tersedia di Venue
M: Hi Gmgelly, This is meirita from Couchsurfing, Just want to inform you, i was from taman baghawan to get my ticket and if you still wants to watch the concert, the tickets are still available. they sell the tickets at the venue.
E: Thank you so much meirita! I got my ticket! Are you gonna meet with the couchsurfers? Elly.
oh ia sih bakal ada pertemuan dengan couchsurfers lainya (selain vania dan ken) tapi berhubung saya nggak pengen telat, pengen nonton maliq dan kalau ikutan ngumpul bakalan jadi telat.. maka saya jawab:
M: Hi. I'm actually not sure.. because to my opinion, McD jimbaran is quite far from the concert place, what about you?
dengan maksud supaya si Elly tau bahwa saya belum pasti akan datang ke pre meeting dengan couch sufers yang lainnya
 lalu diapun mereplay dengan pedenya:
E: McD jimbaran is totally on my way, I come from Seminyak, Where are you?
WHAT?!?! ahh baiklah sepertinya he didn't get my point. akhinya saya replay juga:
M: I already at McD Jimbaran . waiting for another CS-er vania. i'm using jeans jacket, grey veil  and a backpak, and i'm gonna use motorbike with vania.
akhirnya jam stengah 6 vania datang, dan disusul dengan Elly yang datang jam 6. harapan nonton maliq pupus sudah. tapi ya udah lah yang penting  ga ketinggalan nonton konser utamanya. saking rusuhnya saya sempet melanggar satu lampu merah di jalan baypass nugrahrai menuju nusa dua. Elly si bule jerman yang sepertinya tidak biasa dengan ke randoman saya dan cara saya menyetir motor yang udah kayak tukan ojek jadi terpaksa ikut melanggar lampu merah dan berteriak:
"Are you nuts?!"
saya sama vania cuman ketawa terbahak-bahak. hari itu saya emang cukup gila saking gak mau telatnya. dan sesuai dengan prediksi saya sore itu jalan dari jimbaran menuju nusa dua macet gila!! untung skill mengemudi tukang ojek saya lumayan juga, dengan modal nyalip sana-sini akhirnya kita sampai di Taman Baghawan jam 7 dan Maliq and d'Essentialsnya.. udah beres main *yahhhhh*
sesampainya di sana Elly agak kecewa karena temannya yang mau bawain tiket ternyata belum muncul sampai beberapa menit sebelum konser di mulai. saya tau dia sedikit bete. tapi ya sudah lah saya dan vania mencoba untuk nemenin dia dulu, yang penting kita masuk sama-sama. akhirnya beberapa menit sebelum konsernya mulai, teman Elly datang juga.. dan bodohnya lagi.. ternyata tiket yang Elly pesan itu, baru dia beli di Venue saat itu juga!! untung masih ada.. Elly bete,  "so stupid" katanya. akhirnya ya sudahlah kita masuk bertiga, dan si Ken masi belum datang juga.
Ken gimana? couchsurfer yang satu ini ternyata masi terjebak dijalan. sampai tengah konser pun dia masi dijalan. pelajarannya yah teman-teman semua: Hindari mengendarai mobil ke acara konser. kalo kepepet lebih baik pakai mobil lalu di parkir di daerah yang relativ dekat dengan tempat konser namun agak jauh dari crowd. karena pasti macet gila. daripada kehilangan setengah waktu pertunjukan, lebih baik sewa ojek atau nebeng motor teman aja sekalian pasti akan lebih efisien,  kecuali kalau kalian mau datang 4jam sebelum konser mulai. :))

Akhirnya setelah sekitar 1 jam konser berjalan, ken baru datang. Ken ternyata dulunya satu kampus sama saya di bandung *weew betapa dunia sempitnya*, saya oseanografi, dia SBM. ken bilang dia ninggalin semua yang dia punya untuk kerja di Bali dan jadi mandiri padahal dibandingkan dengan pendapatannya di jakarta, di Bali sangat jauhhhh lebih kecil. tapi dia mampu. keren banget ya? saya selalu kagum dengan orang orang seperti itu. karena menurut saya keberanian itu sejenis kemewahan yang nggak semua orang bisa punya, karena keberanian adalah bentuk nyata suatu keimanan.

The Couchsurfers: Elly, Vania, saya, tanpa ken.
Mr. Jason Mraz

satu lagi yang parah banget.. adalah Odit. she's not a couchsurfers. dia adik kelas saya di kampus, udah kerja di bali. niat banget dari kantornya di bali antah-berantah-yang-tempatnya-sumpah-jauh-banget-sih- naik mobil sama ayahnya. saya udah bilang dari awal kalau memang tidak memungkinkan untuk nonton, saya ga masalah. tapi dia bilang dia juga ingin nonton akhirnya yang terjadi adalah lebih chaos: dia datang pada 3 lagu terakhir.. untungnya ditiga lagu terakhir itu Jason Mraz nyanyiin I'm yours jadinya yah lumayan lah yah dit.. :))

Itulah beberapa teman baru yang saya temui di Bali. mereka semua orang-orang hebat, saya banyak belajar dari mereka.  saya merasa mendapatkan lebih banyak kesenangan diluar konser itu sendiri. mendapat kawan baru dan cerita baru dan pengalaman baru. konsernya sendiri gimana? konsernya lumayan... suara Jason Mraz ternyata lebih kereeeeeennnnn dari pada di kaset hahaha. sumpah nggak rugi saya datang jauh-jauh dari bandung, tapi mungkin kalau konsernya nggak akustik, bakalan lebih seru lagi.. yahh we'll see next time lah.. semoga tuhan ngasi kesempatan untuk menikmati kesenangan-kesenangan lain yang sejenis.