11 Okt 2010

Saha sih Frida Kahlo??

Frida Kahlo
(1907-1954)
Berawal dari kehebohan Pasar seni 101010  ITB. Ketika saya dan sahabat saya mengunjungi event 4-5 tahunan KMSR ITB itu yang namanya jalan-jalan ke pasar seni pasti laah kegiatanya nguriling, dari stand depan jalan ganesha sampai crowd stand makanan yang rapet abis.

Nah waktu sampai di standnya Artsociate, si kawan melihat sebuah kaos putih bergambar wajah wantia yang belakangan saya ketahui bahwa gambar wanita dikaosputih itu bernama Frida Khalo.

Sebenernya artsociate bukan organisasi penjual kaos sih. tapi entah kenapa dengan tanpa sebab yang belum diketahui pokoknya hari itu, di stand Artsociate itu, ada yang jualan kaos aja. nah salah satunya adalah si kaos bergambar Frida Kahlo ini.


Si Kaos yang kita tawar setengah gila :))
Saya juga nggak tau siapa gerangan mbak Frida Kahlo ini, kenapa juga si kawan dengan giatnya menawar si kaos ampe hampir setengah jam, bari jeung diliatin sama orang-orang pengunjung. sampe ada ibu-ibu yang jadi ikutan nimbrung berusaha ikutan nawar kaos juga. Tapi panitia tidak berhasil di bujuk *sialll*.

Saya sama si kawan emang bisa dibilang penggila kaos oblong, tapi kali ini lain, kali ini kawan saya beneran keukeuh harus bawa pulang si kaos mbak Frida ini. nah saya jadi penasaran dong.. saha sih si Frida Kahlo ini?? kenapa temen saya jadi kayak kena pelet pas liat kaos ini?? *lebay*

Maka lah di hari senin yang panas cerah ceria ini, yang saya sedang suntuk dengan listing program yang nggak mau jalan ini, medadak teringat dengan si Frida Kahlo. dan mulailah saya mencari pencarian saya lewat google.
Dan ternyata Frida kahlo ini adalah seorang pelukis kelahiaran meksiko. Karya-karyanya cenderung beraliran surealis, dan dia selalu menjadikan dirinya sebagai main object dari setiap lukisannya, karya-karyanya dikenal menunjukan sisi penderitaannya dan hasrat dalam hidupnya. menurut si Wikipedia, semasa kecil khalo sudah menderita penyakit yang membuat tulang kakinya menciut (polio) dan spina bifida,  belum lagi dia sempet mengalami kecelakaan yang menyebabkan beberapa anggota tubunya di amputasi. Tapi dengan keterbatasannya dia tetap berusaha untuk melukis (hebat yaaakk :’) )pernikahan si Frida Kahlo dan suaminya yang seniman terkenal meksiko (juga), bisa dibilang Stormy but pasionnate. pernikahannya sering kacau karena keduanya memiliki temprament yang buruk dan tentunya di penuhi oleh perselingkuhan dan konflik. meskipun begitu setelah Kahlo meninggal bunuh diri, Rivero pun menyesal dan mengakui bahwa hari dimana Kahlo meninggal adalah the most tragic day of his life. Dan dia terlambat menyadari bahwa ternyata wonderful part of his life nya adalah kecintaanya pada kahlo. *euhhh biasa deh, laki!!*



Frida Kahlo terus melukis  
source: http://derives.free.fr/frida.htm

Dari situ saya jadi cukup tau lah siapa sosok Frida Kahlo. Dan kaosnya yang bikin temen saya kepelet setengah maksa itu (maksa nawar kaosnya maksudnya) saya anggap cukup worthed ,
mungkin kalo saya nemu kaos Artic Monkey official juga, atau The Smith. mungkin saya akan rela ngeluarin sampe duit 20 dolar demi selembar kaos yang ujungnya ntar bakal saya pake tidur.. :)) .
 dan kata katanya (Frida Khalo) yang bikin merinding:
"I paint myself because I am so often alone and because I am the subject I know best."
atau
"I never painted dreams. I painted my own reality."
Dalem banget yaak??

Meskipun saya sendiri adalah pencinta kesenian. Tapi satu-satu nya jenis kesenian yang saya nggak ngerti bagusnya dimana, ya mungkin hanya lukisan. yang saya nggak ngerti juga kenapa bisa ada yang rela ngeluarin duit berjuta-juta demi selembar kanvas berwarna[-warni]. ya itulah lukisan. Dan mungkin  itulah seni. Priceless. wajar sih. Bikinnya pake hati :D.

 Beberapa lukisan Kahlo yang ada di web foundationnya:
What the water gave me

A Few Small Nips
  
Without Hope

kalo mau tau banyak tenang Kahlo lebih banyak, baca sendiri disini kali yaa.

3 komentar:

dian mengatakan...

huahahahahahahahahah....bagus kan lukisannya? walo serem tp sungguh berwarna...walopun tragis tp warnanya berani2 bgt kan???hehehehehhehe

M.R mengatakan...

yeahhhh nampaknya memang harus tragis.. kalo nggak tragis kayaknya madonna nggak akan beli lukisannya dehh :))

Ishtar Kania mengatakan...

hmmm.. coba tonton film Modigliani (2004) .. selain sosok Amedeo Modigliani, disana banyak juga cerita si kahlo ini, ada pertandingan mereka juga saat melukis..

salam