14 Mar 2016

Kurt Elling, Till Bronner dan Java Jazz Festival yang Nggak Jazz Banget

Gue punya idola baru, namanya Kurt Elling, kemaren abis nonton performancenya di Java Jazz. And I can’t take my eyes of off him. Sebenernya ke Java Jazz itu niatnya nonton Till Bronner, jazz trumpeter asal Jerman ,sebagai balas dendam karena waktu di Jerman itu ga sempet nonton konsernya di Hamburg. Dan berhubung java jazz adalah festival music.  jadinya bakal banyak dong yang dateng.. salah satunya adalah Kurt Elling ini. Sebenernya ada Chris Botti sama Robin Thicke. Cuman seperti biasa.. gue suka nggak tertarik sama artis-artis hit maker kekinian *entah kenapa*.

Abang Till Bronner yang super Kece

Lalu salah dua artis lainnya yang ingin gw tonton adalah Level42 dan Patti Austin, Kalau Level 42 dan Patti Austin mah gw udah sering denger lagunya. karena dulu kaka gue hobi ngeband, terus biar canggih, referensi musiknya dengerin band band acid jazz yang emang performancenya selalu standar festival dan selalu memukau ketika ditonton secara live.

That Kurt Elling Guy

Kurt Elling, kalau kata Peter Gontha, amazing underated artist! belom banyak orang yang tau si doi (Di Endonesiah) karena kalian tau sendiri music kek mana yg laku di endonesia. Mungkin karena genrenya Jazz, terus ya gitu deh. cause not everybody listen to jazz so.. okay. tapi kalau kalian suka dan tau Sinatra atau Nat king cole, gue yakin kalian bakal suka dengerin Kurt Elling. Jazz vokalnya luar binasa! coba dengerin lagu-lagunya yg juga merupakan standard jazz song macam dedicated to you-nya Coltrane and Hartmann atau my foolish heart - victor young, atau nature boy – Nat King Cole, atau estate – Bruno Martino, kayaknya dari semua versi yang ada yang pernah dinyayiin sama penyanyi-penyanyi Jazz lainnya, nggak ada yang bisa bawainnya semudah, dan se-catchy gayanya Kurt Elling. I think this guy has a magic in his voice, like.. he knows how to persuade people to like Jazz.


Kurt Elling Feat. Till Bronner and Mr Sax. whom i forget his name hahahah
*marvellous marvellous!!*


Tapi sayang banget lagi waktu dia ke Java Jazz kemaren ternyata pianis yang bersamanya bukan Laurence Hobgood , sehingga gue jadi agak sedih.. pas dia kasi tau kalo pianisnya bukan Hobgood gw langsung: TIDAKKK!!  T_T  *lebay* . padahal duet Elling sama Hobgood itu juga yang gue tunggu-tunggu dan ternyata setelah di browsing, Laurence hobgood udah nggak jadi pianisnya Kurt Elling lagi dari tahun 2013 *makin sedih*. terus belom lagi gue datengnya juga telat gegara ngantri di toilet yang ampe 20 menit *KAMPREETTT T_T . sumpah siah gue pengen nangis dan bete bgt waktu itu tapi disaat yang bersamaan gue pikir, nggak worthed juga nahan pipis satu setengah jam demi manjain mata dan telinga.

Anyway tapi semua kekecewaan gua terhibur di pempilan terakhir waktu Kurt Elling ngajak Patti Austin dan Till Bronner buat kolaborasi di lagu (hampir) terakhir untuk nyanyiin teach me tonight berdua dan kompak banget. What a performance! padahal kata Patti Austin dia belum pernah latihan lagu itu sebelumnya, dan betapa kurang ajaranya Kurt milih lagu itu tanpa bilang-bilang dia sebelumnya. Tapi emang dasarnya professional apa aja yang dibawain jadinya luar biasa aja.

..dan Java Jazz yang makin tidak Jazzy

the 2016 International Java Jazz Festival

Jazz emang music orang tua.. imagenya emang udah kayak gitu dan jarang banget gue liat ada anak muda yang mau mainin jazz. Jangan kalian bilang Joey Alexander!, gue yakin kalian tau dia pun karena dia masuk grammy kan? Coba kalau dia nggak masuk grammy mana ada orang yang ngeh ada bocah aneh prodigy gitu bisa maen piano jazz kayak orang udah 40 tahun maen piano jazz. Tapi yah namanya anak-anak nggak aneh sebenernya kalau bisa jago kayak gitu. Karena anak-anak kan emang selalu lebih mudah belajar dibanding orang dewasa. secara belom kenal namanya problematika hidup.. macam mutar otak buat bayar listik atau bayar kartu kredit pasca kebobolan tas fossil di awal bulan *sigh.

Balik lagi ke jazz yang music orang tua itu,

Kalau kalian perhatiin acara Java Jazz aja.. dari tahun ketahun, tiap kali eventnya diadain, pasti yang namanya dipampang gede-gede atau yang super shownya bukan musisi jazznya tapi artis-artis yang kekiniannya. Artis-artis pop lebih tepatnya. Kayak waktu itu pernah Jason Mraz, atau Joss Stone, atau pernah juga JKT48 *dafaq?!*, Cristina Perri, even Sheila on 7?!?!?!  Terus yang bikin sedih artis-artis yang emang Jazz musiciannya manggungnya di panggung2 kecil, dengan sound system yang nggak terlalu maksimal, terus penonton yang seenak udel keluar masuk, sembari ngunyah makanan. Sedih banget guah sedih. Itu yang didepan lagi mainin music yang nggak gampang dimainin WOYY!! lo pada seenak udel aja ngobrol terus ngeloyor pergi. *sigh (lagi)

Katanya Java Jazz Festival itu the biggest Jazz event in the world tapi kok gt ya..kok gue nggak ngerasa itu seperti sebuah event yang kelas dunia gitu. Emang sih banyak artis-artis luar negerinya tapi.. eventnya sendiri sepertinya nggak mencerminkan itu sebagai sebuah event internasional, entah karena penontonnya yang kurang asik menurut gue, entah karena EO nya yang sangat profit oriented yang cuman pakai kata Jazz sebagai sebuah ekslusivitas tapi dalemnya tetep aja ngikutin maunya pasar. Entahlah.. atau mungkin ekspektasi gue aja terlalu tinggi.

Kalau ditanya lagi bakal dateng nggak ke acara java jazz tahun depan? Kayaknya sih enggak, tapi gue masi punya cita-cita untuk datang ke acara event jazz internasional lainnya yang bukan di Indonesia tentunya, gue masi ingin beneran datang ke acara Jazz Burghausen di Jerman, North sea Jazz di Belanda, atau Montreoux Jazz festival di Swiss, IDK..


But anyway, another bucket list has been done. I’m so happy YAY!

Tidak ada komentar: